PUSH PUZZLE

Tujuan Pembuatan Game:

Game Push Puzzle ini merupakan game mobile yang berguna untuk mengasah otak. Game ini membutuhkan sedikit tingkat konsentrasi agar dapat mencapai tujuan yang di inginkan dengan jarak yang tidak terlalu banyak langkah. game ini tidak hanya berguna sebagai hiburan tetapi juga sebagai pendidikan, sehingga dapat melatih kita untuk berfikir lebih cepat.

Cara Bermain game ini:

Pada game ini terdapat terdapat persegi dan lingkaran, dimana lingkaran digunakan untuk mendorong box-box yang berwarna coklat, dimana box-box yang berwarna coklat diminta agar dimasukkan kedalam box yang transparant, sehingga box-box tersebut terletak ditempat targetnya.



seperti gambar diatas untuk mencapai target kita harus mendorong satu per satu box yang coklat kedalam box yang transparan,ketika mendorong kita benar-benar harus berfikir bagaimana box-box ini sampai didalam box transparan, disini kita harus berhati-hati agar tidak terjebak pada sudut ruangan yang nantinya tidak dapat dipindahkan lagi dan akan mengulang permainan dari awal lagi.




kemudian ketika semua box-box dapat dipindahkan maka akan muncul score berupa jumlah langkah dan dorongan yang kita lakukan. seperti gambar diatas.
setelah level ini terjangkau maka akan berlanjut ke level selanjutnya yang tingkat kesulitannya akan semakin tinggi. oleh karena itu semakin sedikit perpindahan semakin mahir pula dalam memainkan game ini


Game ini dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. dibawah ini beberapa penggalan program tentang game ini:

program pada class PushPuzzle.java

package example.pushpuzzle;

import javax.microedition.lcdui.*;
import javax.microedition.midlet.MIDlet;



public class PushPuzzle extends MIDlet implements CommandListener {
Display display;
private PushPuzzleCanvas canvas;
private Score score;
private Screen scoreScreen;
private Screen levelScreen;
private Alert alert;
private Command undoCommand = new Command("Undo", Command.BACK, 1);
private Command restartCommand = new Command("Start Over", Command.CANCEL, 21);
private Command exitCommand = new Command("Exit", Command.EXIT, 60);
private Command scoresCommand = new Command("Show Scores", Command.SCREEN, 26);
private Command okCommand = new Command("OK", Command.OK, 30);
private Command levelCommand = new Command("Change Level", Command.SCREEN, 24);
private Command nextCommand = new Command("Next Level", Command.SCREEN, 22);
private Command prevCommand = new Command("Previous Level", Command.SCREEN, 23);
private Command themeCommand = new Command("Switch Theme", Command.SCREEN, 25);

public PushPuzzle() {
display = Display.getDisplay(this);
score = new Score();
canvas = new PushPuzzleCanvas(this, score);
alert = new Alert("Warning");

if (!score.open()) {
System.out.println("Score open failed");
}

canvas.init();
canvas.addCommand(undoCommand);
canvas.addCommand(scoresCommand);
canvas.addCommand(restartCommand);
canvas.addCommand(levelCommand);
canvas.addCommand(exitCommand);
canvas.addCommand(nextCommand);
canvas.addCommand(prevCommand);
canvas.addCommand(themeCommand);
canvas.setCommandListener(this);
}


public void startApp() {
display.setCurrent(canvas);
}


public void pauseApp() {
}


public void destroyApp(boolean unconditional) {
display.setCurrent(null);
canvas.destroy();

if (score != null) {
score.close();
}
}


public void commandAction(Command c, Displayable s) {
if (c == undoCommand) {
canvas.undoMove();
} else if (c == restartCommand) {
canvas.restartLevel();
} else if (c == levelCommand) {
levelScreen = canvas.getLevelScreen();
levelScreen.addCommand(okCommand);
levelScreen.setCommandListener(this);
display.setCurrent(levelScreen);
} else if ((c == okCommand) && (s == levelScreen)) {
if (!canvas.gotoLevel()) {
alert.setString("Could not load level");
display.setCurrent(alert, canvas);
} else {
display.setCurrent(canvas);
}
} else if (c == scoresCommand) {
scoreScreen = canvas.getScoreScreen();
scoreScreen.addCommand(okCommand);
scoreScreen.setCommandListener(this);
display.setCurrent(scoreScreen);
} else if ((c == okCommand) && (s == scoreScreen)) {
display.setCurrent(canvas);
} else if (c == exitCommand) {
destroyApp(false);
notifyDestroyed();
} else if ((c == List.SELECT_COMMAND) && (s == canvas)) {
// Solved the level
scoreScreen = canvas.getScoreScreen();
scoreScreen.addCommand(okCommand);
scoreScreen.setCommandListener(this);
display.setCurrent(scoreScreen);

// Read the next screen.
canvas.nextLevel(1);
} else if (c == nextCommand) {
if (!canvas.nextLevel(1)) {
alert.setString("Could not load level " + (canvas.getLevel() + 1));
display.setCurrent(alert, canvas);
} else {
display.setCurrent(canvas);
}

if (s == canvas) {
canvas.repaint();
}
} else if (c == prevCommand) {
if (!canvas.nextLevel(-1)) {
alert.setString("Could not load level " + (canvas.getLevel() - 1));
display.setCurrent(alert, canvas);
} else {
display.setCurrent(canvas);
}

if (s == canvas) {
canvas.repaint();
}
} else if (c == themeCommand) {
canvas.changeTheme();
}
}
}
pada program ini merupakan class yang paling utama untuk memanggil class-class yang lainnya.


Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game #
Nama Game : Push Puzzle
Pemrograman : Javascript
Pembuat :

1. Anissa Eljannah (50408129)
2. Novi Mahmudah(50408619)

Game Guide-Strategi Defense

  • Tampilan Awal Game

Strategy Defense adalah game yang mengandalkan strategi. tampilan untuk game ini sangat sederhana, sehingga mudah untuk memainkannya. pada tampilan awa game ini terdapat 6 icon yang terdiri dari new game untuk memulai permainan baru. Load Game untuk menyimpan data yang sebelumnya telah dimainkan, sehingga ketika kita tidak mengulangnya dari awal, lalu Option untuk pilihan untuk pengaturan pada sound dan musicnya, lalu Help untuk panduan untuk memaikan game ini,score untuk melihat scor yang telah kita dapat dan more games untuk memainkan game yang lainnya.
lanjut aja yuk kita mulai main,yaitu dengan mengklik icon new game, kemudian masukkan nama karaktenya, sebelum memulai game ini terdapat story mode, agar lebih cepat klik skip aja.


nah muncul gamabr seperti diataas, kita diminta untuk menyelesaikan misi yang terdapat [ada Mission Objective agar kita dapat melanjutkan ke level selanjutnya. lalu klik icon start untuk memulai masuk ke dalam permainnya.

  • Penyerangan Musuh

ini dia tampilan game nya dan misi yang harus terselesaikan.Dalam hal ini kita harus menyelesaikan misinya yaitu membunuh musuh yang berwarna merah dengan cara berpindah.nah dalam berpindah ini kita harus menggunakan strategi agar musuh bisa berada dalam kotak berwana biru,untuk berpindah pilih action move,kemudian tampil seperti gambar yang berada disampingnya, muncul kota berwana biru dan kita hanya bisa berpindah didalam kotak yang berwarna biru itu saja. sehingga kita dapat menyerang musuh tersebut.


ini tampilan setelah kita berpindah,lalu pilih icon attack, ternyata musuh berada dalam kotak merah dan musuh masuk ke dalam perangkap dan kita pun bsa menyerang musuh tersebut. begitu seterusnya kita harus bsa menggunakan strategi kita bagaimana agar musuh masuk kedalam kotak merah dan kita pun dapat menyerang dan mematikan musuh tersebut, sehingga kita dapat melanjutkan ke level berikutnya. dan sebisa mungkin kita berusaha untuk tidak masuk dalam kota merah tersebut agar kita tidak di serang oleh musuh tersebut.

inilah petujuk dalam memainkan game Strategi Defense dari saya,klau ingin mencobanya klik yang dibwah in aj ya

check it out ! :)

Implementasi Grafik Komputer

Sebelummnya kita harus mengetahui apa itu grafik komputer. Grafik komputer itu sendiri adalah bagian ilmu komputer yang memiliki keterkaitan yang kuat untuk memanipulasi ataupun pembuatan visual secara digital yang juga dapat diartikan sebagai seperangkat hardware dan software untuk membuat game komputer, foto, film animasi, gambar, grafik atau citra realistic untuk seni. Grafik komputer mempunyai beberapa bagian, diantaranya : Geometri, Animasi, Rendering, Citra.

Untuk saat ini grafik komputer itu sangat penting dalam kehidupan kita seiring dengan semakin majunya bidang teknologi dan pentingnya sistem komputer dalam berbagai bidang kegiatan.

Untuk saat ini grafik komputer itu sangat penting dalam kehidupan kita seiring dengan semakin majunya bidang teknologi dan pentingnya sistem komputer dalam berbagai bidang kegiatan.

Implementasi terhadap grafik komputer diantaranya:

  • Aplikasi Pengolah bentuk dan citra

Pada aplikasi ini banyak digunakan oleh para designer maupun illustrator yang digunakan untuk merancang sebuah gambar pada aplikasi pengolah citra ini juga digunakan untuk memberika efek khusus seperti,bayangan,blur dll.Aplikasi pengolah citra ini antara lain adobe photosho,corel draw dll.

  • Aplikasi Presentasi

Aplikasi presentasi ini banyak digunakan oleh kalangan bisnis.Pada aplikasi presentasi ini tidak hanyak menampilkan berupa slide,tp dapat juga menampilkan fasilitas animasi agar tampilannya lebih menarik. Pada aplikasi Presentasi ini dapat menggunakan Ms.Power point, Macromedia Flash.

  • Aplikasi CAD

CAD(Computer Aided Design) itu sendiri adalah alat bantu komputer yang digunakan untuk mendesain.

Aplikasi CAD kebanyaka digunakan oleh para arsitek. Dengan adanya aplikasi ini para arsitek tidak lagi menggambar dengan media kertas,melainkan menggunkan komputer sebagai medianya.Aplikasi CAD yang dipakai seperti Auto CAD untuk menggambar seperti bangunan/rumah. Dan untuk aplikasi untuk pemodelan 3D menggunakan NuGraf.

  • Aplikasi Animasi

Aplikasi Animasi ini kebanyaka digunakan dalam bidang periklanan dan perfilman. Dengan adanya aplikasi animasi ini para creator ini dapat menciptakan benda-benda maya yang dapat bergerak dalam dunia nyata.contoh aplikasi animasi ini yaitu AutoDesk 3D Studio,Extreme 3D. Dengan adanya aplikasi 3D ini sangat menarik karena seolah-olah benda mati seperti menjadi benda hidup.

  • Aplikasi Permainan
untuk grafik komputer pada games ini memang sangat dibutuhkan mulai dari pembuatan awal sampai proses manipulasi dimana pada prosesnya dapat diterapkan juga dengan teknik pengolahan citra,seperti dalam pemberian warna pada gambar-gambarnya,agar game tersebut terlihat lebih menarik.
hampir semua aplikasi permainan itu memanfatkan modus grafik. aplikasi permainan.
aplikasi permainan itu sendiri terdiri dari, aplikasi strategi aplikasi tembak dan lari dan masi banyak lagi yang lainnya.
dibawa ini adalah contoh permainan strategi pada point blank.





Microsoft Front Page

Microsoft Front Page itu sendiri adalah sebuah program yang digunakan untuk membuat, mendesain dan mengedit halaman WWW(World Wide Web). seperti menambahkan text,images, table, form, dan elemen lain di halaman Web. Ms. Front Pages ini disediakan untuk kita para pemula dalam membuat, mendesain dan mengedit halaman web, sehingga kita tidak perlu repot-repot lagi untuk menghapal kode-kode HTML. Program Front Page ini juga banyak digunakan oleh banyak orang karena kita tidak perlu lagi untuk membeli program pembuat website secara terpisah yang membutuhkan budget yang sangat mahal. Dengan adanya Ms. Front Page ini memudahkan kita dalam pembuatan website. Ms.Front Page ini memiliki banyak kesamaan dengan Ms.word, seperti membuat tabel,mengedit dll. Seperti itulah yang kita lakukan dalam membuat web di ms.front page ini. Dalam pembuatan web yang paling penting:

Tampilan awal Ms. Front Page


Tampilannya hampir sama dengan Ms.office dan excel seperti tittle bar, menu bar dll.

I. Membuat halaman web

untuk membuat halaman baru di Ms.Front Page pada menu bar pilih file,kemudian pilih New,biar lebih cepat ctrl+N maka akan muncul dialog pada gambar dibawah ini. Pada gambar dibawah ini berisi modul-modul web yang sudah jadi. Untuk memilih halaman kosong pilih normal page.seperti gambar dibawah ini:

  • Memberi Dynamic HTML Effects pada teks

Sorot atau blok teks yang ingin diberi Dynamic HTML Effects. Kemudian klik menu Format > Dynamic HTML Effects. Toolbar DHTML Effects seperti gambar dibawah ini:

Pada toolbar DHTML terdiri dari:

o Toolbar On, pilih dan klik aksi yang diinginkan.

o Toolbar Apply, pilih dan klik aplikasi yang ingin dijalankan ketika aksi dilakukan.

o Toolbar Effect, pilih dan klik efek yang diinginkan. Pada efek Choose setting dapat dipilih border atau font sesuai keinginan.

o Untuk melihat DHTML Effects, ubahlah tampilan FrontPage Editor normal ke bentuk tampilan preview pada bagian kiri bawah.


  • Memberi latar belakang (Background)

Pada Menu Bar Klik menu Format > Backgroud sehingga kotak dialog Page Properties.Kemudian muncul seperti gambar dibawah ini.

Pilih tab Backgroud kemudian lakukan pemilihan dan pengaturan seperti:

o Tombol daftar pilihan background, pilih dan klik warna yang diinginkan.

o Text, pilih dan klik warna teks hyperlink yang diinginkan.

o Visited hyperlink, pilih dan klik warna teks hyperlink yang sudah dikunjungi.

o Tombol Active Hyperlink, pilih dan klik warna hyperlink aktif yang diinginkan.

Bagian Formatting beri tanda atau klik kotak Background Picture bila ingin mengambil gambar untuk ditempatkan sebagai latar belakang,kemudian klik Browse, pilih file gambar, klik OK.Jika ingin mengambil motif dan warna latar belakang dari halaman web lain,beri tanda atau klik kotak Get background information from another page, kemudian klik Browse untuk memilih halaman web yang diinginkan.


  • Mengatur tampilan halaman Web dengan memanfaatkan format Themes

Themes dapat menghidupkan halaman web, karena fasilitas ini mempunyai koleksi elemen-elemen desain seperti bullets, background patterns, table borders, fonts, dan graphics yang semuanya dapat dimasukkan ke halaman web. Dengan menempatkan Format Themes pada home page dan pada seluruh halaman webnya, situs web akan lebih konsisten dan struktur navigasi akan terlihat lebih professional. Cara untuk memanfaatkan Format

Themes yaitu klik menu Format > Themes sehingga kotak dialog Themes seperti gambar dibawah ini:

Kemudian lakukan pemilihan dan pengaturan berikut ini:

o All pages: apabila menginginkan format themes ditempatkan pada seluruh halaman web.

o Selected page: apabila menginginkan format themes ditempatkan hanya pada halaman web yang di pilih saja.

o Kotak daftar pilihan themes klik Format Themes sesuai dengan yang diinginkan pada kotak Sample of Theme akan tampil bentuk formatnya.

Jika diperlukan, dapat menampilkan atau menghilangkan komponen themes dengan:

o Klik kotak cek Vivid colors untuk menampilkan warna yang lebih hidup pada theme.

o Klik kotak cek Active graphics untuk menampilkan aktif grafik pada theme.

o Klik kotak cek Backgroud pictures untuk menampilkan motif latar belakang pada theme.

o Tombol Modify dilakukan untuk mengubah dan memodifikasi format tampilan theme yang ada.


  • Memberi efek transisi perpindahan halaman Web (Page Transition)

Caranya adalah dengan klik menu Format > Transition sehingga kotak dialog Page Transition muncul seperti gambar dibawah ini:

Kemudian lakukan pengisian berikut:

o Event: pilih dan klik pada saat kapan efek transisi perpindahan halaman Web akan ditampilkan.

o Transition Effect: pilih dan klik efek transisi yang diinginkan.

o Duration: ketik waktu durasi yang diinginkan.


  • Menempatkan Hyperlink pada halaman Web

Hyperlink merupakan bagian penting pada Homepage atau halaman Web.Dengan menggunakan hyperlink, informasi-informasi pada halaman Web dapat dihubungkan, juga dapat menghubungkan halaman Web yang lain.

Cara untuk menempatkan hyperlink adalah klik menu Insert > Hyperlink (Ctrl + K) sehingga muncul kotak dialog Create Hyperlink

Kemudian lakukan pengisian dan pengaturan seperti:

o Look in: pilih dan klik driver atau folder tempat file yang ingin dihubungkan tersimpan, kemudian pada kotak daftar pilihan dibawahnya pilih dan double klik nama file yang diinginkan.

o URL: ketikkan alamat halaman Web atau nama file yang ingin dihubungkan kemudian klik OK.

o Make a hyperlink to a file on your computer: untuk membuat sebuah hubungan file yang tersimpan kemudian klik OK.

o Use tour Web Browse to select a page or file: untuk memilih halaman

Web atau file denagn menggunakan Web Browser yang terpasang.

o Make a hyperlink that sends E-mail: untuk membuat sebuah hubungan guna mengirim E-mail.

o Create a page ang link to that new page: untuk membuat dan menghubungkan link dengan sebuah halaman Web baru.

Atau dapat juga dengan cara menyorot tulisan atau gambar, kilk kanan dan pilih Hyperlink.


  • Menempatkan teks bergerak (Marquee)

Untuk menampilkan halaman homepage agar menarik dengan menggunakan teks yang bergerak (Marquee), dapat dilakukan dengan cara menempatkan sisip pada posisi yang diinginkan, kemudian pilih dan klik menu Insert >Web Component sehingga muncul kotak dialog Insert Web Component.

Pilih Marquee, kemudian klik tombol Finish. Setelah itu akan muncul kotak dialog Marquee Properties seperti gambar dibawah ini:

Pada kotak dialog tersebut, lakukan pengisisan dan pengaturan berikut ini:

o Text: diisi dengan teks yang ingin ditampilkan.

o Direction: digunakan untuk mengatur arah pergerakan teks.

o Speed: digunakan untuk mengatur kecepatan pergerakan teks.

o Size: digunakan untuk mengatur ukuran teks.

o Repeat: digunakan untuk mengatur berapa kali pergerakan teks yang ingin dilakukan.

o Background Color: digunakan untuk memilih warna latar belakang pergerakan teks.

o Style: digunakan untuk pengaturan teks seperti bingkai, jenis huruf, warna, dan lain-lain


  • Menempatkan banner dengan fasilitas Banner Ad Manager

Caranya adalah dengan klik menu Insert > Web Component sehingga muncul kotak dialog Insert Web Component. Pilih Banner Ad Manager,kemudian klik tombol Finish. Setelah itu akan muncul kotak dialog banner Ad Manager Properties seperti gambar dibawah ini:

Pada kotak dialog tersebut, lakukan pengisian dan pengaturan berikut ini:

o Width dan Height: diisi dengan lebar (width) dan tinggi (height) banner yang diinginkan.

o Transition effect: digunakan untuk memilih efek transisi perpindahan gambar atau image yang diinginkan.

o Show each picture for (seconds): diisi jangka waktu penampilan gambar sebelum berpindah ke tampilan gambar atau image lain.

o Link to: diisi dengan link yang diinginkan. Misalnya apabila mengklik banner tersebut, halaman Web tertentu langsung terbuka.

o Picture to display: digunakan untuk mengatur gambar atau image yang akan ditampilkan.

  • Menempatkan tombol link dengan Hover Button

Cara yang digunakan adalah dengan klik menu Insert > Web Component sehingga muncul kotak dialog Insert Web Component. Pilih Hover Button, kemudian klik tombol Finish.

I. Bekerja dengan Frame

Frame merupakan salah satu metode untuk membagi layar menjadi beberapa bagian. Setiap bagian ini bisa dipecah lagi menjadi bagian yang lebih kecil lagi.Setiap frame mempunyai nama yang harus berbeda dengan nama frame lain.Setiap area frame dapat menampilkan halaman yang berbeda.

Cara membuat frame yaitu klik menu File > New > Page or web, kemudian pada Task Pane, pilih Page Templates. Pada kotak dialog Page Templates,pilih tab Frames Pages. Pilih jenis frame yang diinginkan.


I. Bekerja dengan Tabel

Agar tampilan website tampak bagus sebaiknya gunakan tabel. Untuk membuat tabel caranya adalah klik menu Table > Insert > Table atau klik tombol di toolbar sehingga muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini:

Pada kotak dialog tersebut, lakukan pengisian dan pengaturan berikut ini:

o Rows: untuk menentukan banyaknya baris pada tabel.

o Columns: untuk menentukan banyaknya kolom pada tabel.

o Alignment: untuk mengatur alignment pada tabel.

o Border size: untuk mengatur ketebalan garis yang membentuk tabel.

o Cell padding: untuk mengatur jarak antar isi sel dengan garis pada sel.

o Cell spacing: untuk mengatur jarak antar sel pada tabel.

o Specify width: untuk menentukan spesifikasi lebar tabel.

o Set as default for new table: kotak cek yang digunakan untuk menentukan pangaturan tabel secara default.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:

SUMBER: GOOGLE




Inisial menggunakan paint dan photoshop

yang menggunakan paint



















yang menggunakan photoshop

FUNGSI WEB YANG DIRASAKAN PERLU TETAPI BELUM ADA

menurut saya tentang fungsi web yang dirasakan perlu,tetapi belum ada yaitu dalam bidang pendidikan seperti internet sebagai media perpustakaan dimana untuk media ini saya belum menemukannya, atau mungkin saya yang memang tidak tahu..hee :)
saya hanya menemukan itu hanya sebatas informasi yang setengah-setengah saja. Seperti jika kita ingin mencari buku itu hanya sebagian saja materi yang diberikan, Seharusnya media perpustakaan ini diadakan juga secara online dangan melakukan login terlebih dahulu gitu. Sehingga kita tidak perlu repot-repot cari buku kesana-kemari. Andaikan saja media ini sudah tersedia kita tidak perlu ribet-ribet ke perpustakaan yang membutuhkan waktu lama.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SUATU WEB

Menurut saya pasti suatu web pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing misalnya dari suatu web yang saya temui seperti pada situs indowebster. sebelumnnya kita harus mengetahui indowebster itu ap?. Indowebster itu sendiri adalah situs untuk mendownload. Situs ini mempunyai kelebihannya yaitu kita dapat bebas mendownload file-file yang kita inginkan seperti, video,games, mp3, gambar dan lain-lain, bahkan disini kita bisa mendownload film,tetapi film yang sudah agak lama bukan film yang terbaru. Tapi lumayan lah untuk mencari film-film jadul yang belum pernah kita tonton,tinggal download saja disitus ini, gratis lagi. Pada situs ini apabila kita ingin mendownload kita hanya menyalin download link ke address bar browser tanpa harus menginstal aplikasi untuk download seprti downloader dll. Selain itu,kita juga bisa meng-upload file-file yang kita miliki, tp untuk kemampuan yang satu ini kita diharuskan untuk login dahulu,jadi tidak sembarangan upload. Untuk kekurangan situs ini yaitu banyaknya tampilan iklan-iklan, sehingga membingungkan kita untuk melakukan pen-download-an dan pada saat pertama kita masuk ke situs ini loading-nya agak lama,sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama,mungkin hal ini dikarenakan banyakanya tampilan gambar-gambar,video atau iklan-iklan dari home page-nya itu dan selain itu juga apabila kita ingin men-download musik atau video, jika koneksi internet kita agak lamban maka kita harus sabar untuk menyaksikan video atau musik itu. Sekian pendapat tentang kelebihan dan kekurangan dari web ini.