BLUE SCREEN OF DEATH

Blue screen of death atau sering disebut layar biru,istilah yang populer untuk layar yang ditampilkan Microsoft Windows ketika mengalami kesalahan sistem(disebut stop error oleh Microsoft). Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya blue screen ini. Diantaranya driver hardware yang tidak sempurna, kesalahan memory, registry yang rusak atau penggunaan file DLL yang tidak cocok.

Blue screen muncul di semua operating systems Windows sejak Windows 3,1. Blue screen of death merupakan pengganti black screen of death yang muncul pada OS / 2 dan MS-DOS. Pada versi awal Windows Vista juga terdapat red screen of death yang digunakan pada kesalahan boot loader.

Selain karena kesalahan driver, Bluescreen juga dapat disebabkan oleh virus/trojan yang menyamar menjadi file services pada system, diantaranya smss.exe, winlogon.exe, Isass.exe dan services.exe. Untuk mengatasinya cobalah untuk melacak virus/trojan tersebut dengan program antivirus protable, jalankan program antivirus tersebut, namun kali ini bukan dari sebuah removable storage seperti harddisk atau flashdisk. Lakukan scan virus tersebut melalui unremovable storage seperti CD atau DVD. Mengapa kita membutuhkan antivirus portable sehingga anda tidak perlu untuk melakukan proses penginstalan terlebih dahulu ke sistem anda yang mungkin telah terserang oleh virus/trojan terlebih dahulu.

0 komentar:

Posting Komentar